PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Pandangan bahwa
siswa membangun pengetahuan sendiri berdasar pengalaman dikenal dengan istilah
konstruktivisme. Intinya siswa secara aktif membangun pengetahuan dan maknanya
dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri baik secara individu maupun sosial.
Konsruktivisme merupakan salah satu
alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh para guru
matematika dalam mengembangkan kemampuan siswa berpikir, bernalar, komunikasi,
dan pemecahan masalah baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan
sehari-hari. Dalam makalah ini selain tujuan
dari pendekatan konstruktivis, juga dibahas mengenai kondisi objektif di
lapangan, kendala-kendala yang mungkin timbul, serta kesukaran-kesukaran yang
di hadapi guru dalam menggunakan pendekatan ini. Dan diberikan satu contoh RPP
serta LKS pada materi perkalian dua
matriks yang menggunakan pendekatan konstruktivisme.
Kata Kunci:
Pendekatan, Konstruktivisme, Pembelajaran.