Rabu, 11 Januari 2012

Modul KPD (1.3)


DINAMIKA  KELOMPOK DALAM KPD

I.     DASAR  PEMIKIRAN
1.   Sebagai orang dewasa, peserta kursus masing-masing telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan mereka cenderung kurang dapat bekerja sama satu dengan  lainnya dalam satu tim.
2.   Mereka cenderung saling menutup diri utamanya masalah kekurangan mereka masing-masing dan lebih menonjolkan kelebihan masing-masing bahkan ada kecenderungan untuk tidak mau berbagi pengetahuan dan pengalaman.

II.   TUJUAN
        Tujuan kegiatan dinamika kelompok ialah mengembangkan persaudaraan, kerja sama dalam kelompok sebagai team dengan team work yang kompak, agar proses pembelajaran interaktif dapat berjalan dengan lancar.

III.  SASARAN
        Setelah mengikuti kegiatan dinamika kelompok, Peserta mampu:
1.   Membangun tim yang kompak dan saling membantu antar anggota yang satu dengan lainnya;
2.   Menciptakan kerja sama yang kompak dan serasi, sehingga kegiatan yang dibebankan pada kelompok dapat diatasi dengan mudah;
3.   Terciptanya persaudaraan antar anggota kelompok, saling mempercayai, menghormati satu dengan lainnya,  saling peduli dan saling meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.
4.   Terbangunnya proses pembelajaran interaktif, progresif yang efektif.

IV.   PELAKSANAAN  DINAMIKA KELOMPOK   
1.   Dinamika  Kelompok dikendalikan oleh  Tim Pelatih.
2.   Tim Pelatih menciptakan kegiatan bersama yang dapat mencairkan kebekuan peserta kursus, dengan permainan (game) bersama sambil menyanyi dan menari bersama.
3.   Dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan tersebut, dilakukan  pembentukan kelompok-kelompok peserta yang akan merupakan satu tim kerja dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama kursus.
4.   Tim Pelatih membagi diri sebagai pendamping kelompok-kelompok yang terbentuk tersebut, dan dalam kebersamaan saling memperkenalkan diri, saling membuka diri dengan jalan masing-masing menginformasikan kelemahan dan kelebihannya, serta hal-hal yang disenangi dan tidak disenangi.
5.   Tim kerja masing-masing menetapkan Yel-yelnya dan mengumandangkan sebagai satu pertanda adanya keterpaduan dan kekompakan dalam kelompok.
6.   Sebaiknya dinamika kelompok dalam KPD dilaksanakan menurut golongan peserta didik.

V. PROSES DINAMIKA KELOMPOK
  1. Forming, yakni proses dari bertemunya peserta dalam arena sampai dengan terbentuknya suatu kelompok.
  2. Storming, yakni terjadinya perbedaan, geseran-geseran pendapat, karena perbedaan persepsi, beda pengalaman, beda pendidikan dll.
  3. Norming, terbentuknya suatu norma atau kesepakatan kelompok.
  4. Performing, terbentuknya suatu kinerja kelompok.

V.    WAKTU  : 2 X 45  menit.

                                                                                        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar