Jumat, 06 Januari 2012

Pemakaian Determinan dan Invers Matriks untuk Menyelesaikan SPLDV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 3

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
Indikator
Menunjukan kemampuan menganalisis dalam menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linier dua variable(kreatif)
            1. Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier
            2. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel dengan matriks invers
           
Alokasi Waktu   : 4 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang  pemakaian matriks dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.
Siswa dapat :







1.  Menyelesai kan sistem persamaan linier dua variabel dengan matriks invers.

Penerapan matriks pada sistem persamaan linier
Kegiatan Pendahuluan
1.  Sebagai apresiasi siswa diingatkan kembali tentang persamaan matriks AX=B.
Kegiatan Inti
2.  Dengan tanya jawab dan diskusi, dibahas mengenai sistem persamaan linier dengan dua perubah.
3.  Dengan diskusi dan mencermati Contoh Soal, siswa memahami cara menyelesaikan SPL dua perubah menggunakan invers matriks 2x2.
4.  Siswa mengerjakan Soal
     Komp. 7 No 1 hal 128
     Lat 15 No 1 hal 115.
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6.  Siswa diberi tugas Komp. 7 No 4 hal 129.

2 JP
2.


Siswa dapat :







2.  Menyelesai kan SPL dua perubah dengan determinan matriks.

Menyelesaikan SPL dua perubah dengan determinan

Kegiatan Pendahuluan
1.  Ssiwa diingatkan kembali cara menyelesaikan SPL dengan dua perubah menggunakan matriks invers.
Kegiatan Inti
2.  Dengan mencermati contoh soal dan diskusi, siswa memahami cara menyelesaikan SPL dua perubah dengan determinan matriks.
3.  Siswa mengerjakan Soal
     Komp. 8 No 1, 2
     Lat. 16 No 1.

Kegiatan Penutup
4.  Siswa diarahkan membuat rangkuman.
5.  Siswa diajak refleksi. (lembar refleksi terlampir)

2 JP


1 komentar:

  1. minta soal dan jawabannya tentang penyelesaian SPLDV DENGAN DETERMINAN DAN INVERS

    BalasHapus