Minggu, 15 Januari 2012

PANTUN


Menunggu kelulusan Tahun 2010

Palembang, 19 April 2010
Saat-saat mendebarkan, menunggu pengumuman kelulusan....
Pantun dulu ah....
Buat semua siswa Libels 2010

Padang ibukota SUMBAR
Tempatnya indah lagi menawan
Bunda ne berdebar-debar
Minggu depan hari penentuan(BUNDA)

Padang ibukota SUMBAR
Naik kapal lewat lautan
Kami semua lebih berdebar
Karena itu awal masa depan(Rika F XII IPA.1)

Puisi By Fadilah Mazida


GURUKU       By: Fadilah Mazida(XII IPA.1; 2010)

Pagi itu...kau jemput kami
Dengan senyum ceriamu
Yang menyejukkan hati
Menyimpan makna
Mengandung arti

Menggunakan sifat dan operasi vektor dalam pemecahan masalah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 4

                        Nama Sekolah            : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran           : Matematika
                        Kelas / Program          : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.4. Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
Indikator
            Menerapkan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
            secara kritis, kreatif, dan inovatif(kritis, kreatif, inovatif)

Sabtu, 14 Januari 2012

Filsafat Ilmu

ONTOLOGI

Pengertian Ontologi

Ontologi merupakan salah satu di antara lapangan penyelidikan kefilsafatan yang paling kuno. Dalam persoalan ontologi orang menghadapi persoalan bagaimankah kita menerangkan hakikat dari segala yang ada ini? Pertama kali orang dihadapkan pada adanya dua macam kenyataan. Yang pertama, kenyataan yang berupa materi (kebenaran) dan kedua, kenyataan yang berupa rohani (kejiwaan).

Filsafat Ilmu


Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu

10 Defenisi Filsafat
1.    Filsafat menurut kamus Bahasa Indonesia mempunyai arti:
- Pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala         yang ada, sebab, asal dan hukumnya.
-  Teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan.
-  Ilmu yang berintikan logika,estetika,metafisika dan epistemologi.
-  Falsafah.  

Guru dan Metode pembelajaran


PERANAN GURU
1. Mengkomunikasikan pengetahuan
Guru harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bahan yang diajarkannya.

2. Guru sebagai Modul
Guru= yang digugu dan ditiru.
Guru harus menunjukkan sikap positf. Dalam hal ini dapat melihat keindahan dan manfaat mata pelajaran yang diajarkannya serta menunjukkankeberanian untuk berpikir intuitif.

Pantun dari Bunda


 Pantun ini dibacakan pada saat Upacara Senin,28 November 2011 yang merupakan upacara terakhir di tahun 2011 dan upacara terakhir di semester Gazal TP 2011/2012.
Pantun yang pertama buat siswa XII IPA.4 sebagai pelaksana upacara....

Anak kancil melompat-lompat
Anak kucing menarik-narik
Walau kita IPA empat
Tetaplah jadi yang terbaik

Kamis, 12 Januari 2012

RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)/ACTION PLAN

I.       DASAR  PEMIKIRAN

1.    Rencana Tindak lanjut (RTL)/Action Plan yang disusun setelah mengikuti kursus, diasumsikan akan merupakan suatu produk peserta kursus yang berupa perencanaan program pribadi dalam pengembangan pribadi maupun pengabdiannya dimasyarakat, utamanya demi perkembangan Gerakan  Pramuka.

Kidung Cinta dari IPA.2


Kami ingin belajar kalkulus
Tapi belajar bersama-sama
Kami semua ingin lulus
Walau paket ada lima (Asri Mulia Ptri, XII IPA.2; 2011)

Orang-orang naik ke atap
Pada saat terjadi tsunami
Kami semua berharap
Bunda slalu do’akan kami (Beby Afrianty, XII IPA.2; 2011)

Modul KPD (2.9)

KODE ETIK PELATIH PEMBINA PRAMUKA


I.          PENDAHULUAN
1.       Pelatih Pembina Pramuka adalah seorang Pembina Pramuka Mahir yang telah menyelesaikan Kursus Pelatih dan diangkat oleh Kwartir Cabangnya menjadi seorang pelatih sehingga mendapat kewenangan untuk melatih pada kursus atau pelatihan yang diselenggarakan Gerakan Pramuka.

Rabu, 11 Januari 2012

Modul KPD (1.3)


DINAMIKA  KELOMPOK DALAM KPD

I.     DASAR  PEMIKIRAN
1.   Sebagai orang dewasa, peserta kursus masing-masing telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan mereka cenderung kurang dapat bekerja sama satu dengan  lainnya dalam satu tim.
2.   Mereka cenderung saling menutup diri utamanya masalah kekurangan mereka masing-masing dan lebih menonjolkan kelebihan masing-masing bahkan ada kecenderungan untuk tidak mau berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Modul KPD (1.2)


ORIENTASI  KPD

I.     DASAR  PEMIKIRAN
1.   Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka Peserta Kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang selama ini diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain.
2.   Orang dewasa mau belajar bilamana :
a.   Ia mau,
b.   Ia senang dengan materinya,

Modul KPD (1.1)

ORIENTASI  KPD

I.     DASAR  PEMIKIRAN
1.   Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka Peserta Kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang selama ini diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain.
2.   Orang dewasa mau belajar bilamana :
a.   Ia mau,
b.   Ia senang dengan materinya,
c.   Ia memerlukan dalam kehidupannya, dan bagi fungsi, peran, tugas dan tanggung jawabnya,
d.   Ia merasa diuntungkan, sehingga untuk membelajarkan orang dewasa tidak segampang seperti Guru mengajar muridnya di kelas.

Senin, 09 Januari 2012

Kidung Cinta dari IPA.3


Pagi-pagi minum air kelapa
Malam-malam minum jamu
Terima kasih guruku bunda
Saya senang diajar mu (Adam Hasbullah,XII IPA.3; 2011)

Jalan-jalan ke negeri panda
Di negeri panda langsung makan mi
Saya berterima kasih kepada bunda
Yang banyak memberi materi kepada kami (Akbar Muslimin,XII IPA.3;2011)

Minggu, 08 Januari 2012

Pantun Buat Bunda


                 Dari TEST (TwelvE Science Two)
Kami ingin belajar kalkulus
Tapi belajar bersama-sama
Kami semua ingin lulus
Walau paket ada lima (Asri Mulia Ptri, XII IPA.2; 2011)

Masjid 1


Gugus Depan Pramuka


A.  Penerimaan Anggota

1.      Penerimaan anggota Gerakan Pramuka dalam Gudep dilaksanakan oleh Pembina Gudep dan dicatat dalam buku Induk Anggota Gudep yang bersangkutan.

Pantun Bulan Bahasa



                                            By: NURHAYATI


Para siswa pergi tamasya
Mampir di pasar beli semangka
Mari kita memupuk bahasa
Karena bahasa pemersatu bangsa
         Bercermin kita didepan kaca
Ambil bedak taburkan di muka
Kalau kita rajin membaca
Sama dengan jelajah dunia

Sabtu, 07 Januari 2012

GO TO: Puisi Matematika

Matematika Sebagai Bahasa Universal


Berpikir merupakan suatu proses yang terjadi di jarangan syaraf pada otak kita. Berpikir merupakan perubahan dalam agregat dari representasi diri. Berpikir merupakan ciri utama manusia yang membedakannya dengan makhluk lain. Dengan dasar berpikir manusia mengembangkan berbagai cara untuk dapat mengubah keadaan alam guna kepentingan hidupnya. Berpikir dapat berragam orientasinya, namun secara garis besar dapat dibedakan menjadi berpikir alamiah dan berpikir ilmiah. Berpikir alamiah adalah pola penalaran yang berdasarkan kebiasaan sehari-hari dari pengaruh alam sekelilingnya, misalnya penalaran tentang panasnya api, dinginnya es dan sebagainya.

Kidung Cinta dari IPA.1


               

Lampung adalah  asal saya
Palembang tempat tinggalku
Kalau boleh saya berkata
Sampai jumpa lagi wahai bundaku (Adhitia, XII IPA.1 2011)

Bunda Nur itu guru matematika
Mengajar di kelas dua belas
Walau matematika tidak saya suka
Dengan bunda saya belajar dengan ikhlas (Astri, XII IPA.1 2011)

Pendidikan Karakter

MEMBANGUN  KARAKTER  BANGSA  MELALUI  PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN  DI  SEKOLAH
Oleh: Nurhayati


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
          Banyak orang menyadari ada sesuatu yang hilang dari Bangsa Indonesia, termasuk orang nomor satu di Indonesia saat ini. Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang berperilaku maupun bertindak tidak sesuai tata krama, norma dan susila. Karena itu  Presiden SBY merasa perlu adanya pembangunan karakter (caracter building).

Jumat, 06 Januari 2012

Pemakaian Determinan dan Invers Matriks untuk Menyelesaikan SPLDV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 3

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
Indikator
Menunjukan kemampuan menganalisis dalam menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linier dua variable(kreatif)

Determinan dan Invers Matriks 2x2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 2

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.2. Menentukan determinan dan invers matriks 2x2 

Matematika itu Mudah

Ungkapan ini adalah sebuah cita-cita dari setiap pengajar matematika, namun sulit terwujud. Ada beberapa cara agar mempelajari matematika itu menjadi mudah dan menyenangkan.

Pantun " Menunggu Kelulusan "


                    BY   Bunda Nur


Kuda Sembrani menarik delman
Jalannya cepat bagai berlari
Sebentar lagi kan pengumuman
Semoga Impian kan terpenuhi

Multiple Inteligensia

Apa yang dimaksud dengan kecerdasan multipel ?

Kecerdasan multipel (multiple inteligensia) adalah berbagai jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada anak, antara lain verbal-linguistic (kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat-kalimat, presentasi, pidato, diskusi, tulisan), logical–mathematical (kemampuan menggunakan logika-matematik dalam memecahkan berbagai masalah), visual spatial (kemampuan berpikir tiga dimensi), bodily-kinesthetic (ketrampilan gerak, menari, olahraga), musical (kepekaan dan kemampuan berekspresi dengan bunyi, nada, melodi, irama), intrapersonal (kemampuan memahami dan mengendalikan diri sendiri), interpersonal (kemampuan memahami dan menyesuaikan diri dengan orang lain), naturalist (kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan).

MODUL UT


PEMA4101
Hakikat dan Sejarah Matematika

Sukardjono
3 sks / modul 1-9: ill.; 21 cm
ISBN : 9790111576
DDC : 510
Copyright (BMP) © Jakarta: Universitas Terbuka, 2007

Kamis, 05 Januari 2012

KOMUNIKASI MATEMATIKA


Matematika sebagai alat bagi ilmu yang lain sudah cukup dikenal dan sudah tidak diragukan lagi. Matematika bukan hanya sekedar alat bagi ilmu, tetapi lebih dari itu matematika adalah bahasa. Sejalan dengan itu Jujun S. Suriasumantri (2007:190) mengatakan, matematika merupakan bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan.

Rabu, 04 Januari 2012

PBL dan CTL

Pendekatan Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning) dan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Konteks (Contextual Teaching and Learning)

Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
    Pembelajaran berdasarkan masalah telah dikenal sejak zaman John Dewey, yang sekarang ini mulai diangkat sebab ditinjau secara umum pembelajaran berdasarkan masalah terdiri dari menyajikan kepada siswa situasi masalah yang otentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri

Model Pembelajaran


MODEL-MODEL DESAIN PEMBELAJARAN

A.  DIRECT INSTRUCTION (MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG)

       Direct instruction atau directive instruction, dalam bahasa Indonesia menjadi pembelajaran langsung, yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah (Arends dalam Trianto, 1997; 29).

Filsafat Matematika

              Matematika dalam filsafat
 
QuantcastSalah satu tujuan dari filsafat adalah menemukan pemahaman dan tindakan yang sesuai. filsafat erat kaitannya dengan ilmu.

KONSTRUKTIVISME

Pendekatan Konstruktivisme
       Kontruktivis berarti bersifat membangun. Dalam konteks filsafat pendidikan, konstruktivisme merupakan suatu aliran yang berupaya membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern. Menurut Jalaludin (dikutip  Riyanto. 2010:143 ), konstruktivisme berupaya membina suatu konsesus yang paling luas dan mengenai tujuan pokok dan tertinggi dalam kehidupan umat manusia.

Analisis SWOT


RENCANA STRATEGIS

I.    PENDAHULUAN
      A.   LATAR BELAKANG
             Sesuai Undang-Undang No. 25 Tahun 2003 tentang program pembangunan nasional, menyebutkan salah satu tujuan pembinaan sekolah mulai dari prasekolah sampai sekolah menengah adalah terselenggaranya Manajemen Berbasis Sekolah. Undang-Undang no. 20 pasal 56 tentang otonomi sekolah. Dengtan demikian manajemen berbasis sekolah menjadi pola pembinaan sekolah secara nasional di masa depan, untuk itu sekolah perlu menyusun Rencana Strategis.

Makalah Bruce Reznic'k

SEBUAH  DISKUSI  TENTANG  MAKALAH   BRUCE  REZNICK’S

      Makalah ini merupakan hasil diskusi tentang  Bruce Reznick’s masih dalam rangka reformasi matematika. Mengambil trik penipuan dalam berdagang, orang mengembangkannya ketika harus membuat makalah/paper sewaktu tidak mempunyai ide. Ingram Olkin mencoba mengatasi hal ini dengan memberi kuliah ilmiah, lalu diskusi. Diskusi pertama tentang “penekanan ucapan terimakasih”, diskusi kedua menekankan “pilihan yang mendukung pembahasan pertama”. Awal diskusi biasanya berupa “saya senang menawarkan penekanan ucapan terima kasih”.  

Artikel Pendidikan


Peran Konsultan Multidimensi Bagi Pendidik Masa Depan

Bangsa Indonesia yang telah berusia 65 tahun, dewasa ini sudah tidak mampu lagi memungkiri tentang tantangan yang dihadapinya di tengan peradaban dunia yang maju di semua bidang.

AD , ART Gerakan Pramuka


ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA
GERAKAN PRAMUKA

I.              PENDAHULUAN

1.    Faktor - faktor yang melatar belakangi penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka   (Kepres RI No. 24 Tahun 2009 dan SK Kwarnas 203 Tahun 2009) ialah :

Kursus Mahir Dasar Kepramukaan


PANDUAN TEKNIK PENYAJIAN MODUL
KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD)


I.               Pendahuluan

Proses pembelajaran yang berpusat kepada pendidik (teacher centered), di mana pendidik menganggap dirinya sebagai gudangnya ilmu pengetahuan (store of knowledge) sudah menjadi kamus kuno. Baden Powell telah mengalihkan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (ask the boys – students centered), dengan demikian pendidik tidak bertindak dominator tetapi sebagai fasilitator.  Panduan ini dibuat karena masih banyak penyelenggaraan kursus yang setiap topik atau setiap pokok bahasan dilakukan dengan ceramah, sehingga peserta didik hanya berperan sebagai pendengar, sehingga ketika kursus berakhir tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk membina gugusdepan.

Operasi Matriks dan Sifat-Sifatnya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III-1

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.      Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.1.   Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain.

Menyelesaikan Model Matematika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No II-3

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            2.   Menyelesaikan masalah program linear.
Kompetensi Dasar
            2.3.   Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya.

Model Matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No II-2

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            2.   Menyelesaikan masalah program linear.
Kompetensi Dasar
            2.2.   Merancang model matematika dari masalah program linier.

Selasa, 03 Januari 2012

Menjadikan Anak Ahli Matematika



oleh: mozaik    

Pengarang : nurul hidayat

Alangkah bahagianya orang tua bisa melihat anaknya ahli dalam setiap pelajaran. Yang menjadi masalah bagi anak-anak Indonesia biasanya, tidak menyukai pelajaran-pelajaran yang dianggapnya sulit, misalnya matematika.

Senin, 02 Januari 2012

Landasan Pendidikan


LANDASAN SOSIAL BUDAYA

            Sosial mengacu kepada hubungan antar individu, antarmasyarakat, dan individu dengan masyarakat. Unsur sosial ini merupakan aspek individu secara alami, artinya aspek itu telah ada sejak manusia dilahirkan. Karena itu, aspek sosial melekat pada diri individu yang perlu dikembangkan dalam perjalanan hidup peserta didik agar menjadi matang. Di samping tugas pendidikan mengembangkan aspek sosial, aspek itu sendiri sangat berperan dalam membantu anak dalam mengembangkan dirinya. Maka segi sosial ini perlu diperhatikan dalam proses pendidikan.

SEJARAH TEORI GRAPH



“ TEKA-TEKI  TUJUH  JEMBATAN  KONISBERG”
Oleh   : NURHAYATI

.             A. LATAR BELAKANG
       Graph merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang merepresentasikan objek - objek diskrit dan hubungan antara objek – objek tersebut. Representasi visual dari graph adalah dengan menyatakan obyek dengan noktah dan hubungan antara objeknya dengan garis. Untuk selanjutnya kita sebut noktah pada graph sebagai simpul (vertex) dan garis pada graph sebagai sisi (edge).

Puisi By Julian


MATEMATIKA SEPANJANG PERJALANAN HIDUP KU
Buah Karya : Julian Tri Wibowo
Ketika kecil, mulai belajar berkata-kata aku ucapkan satu… dua… tiga…
Lagu pertama yang ku nyanyikan “Satu-satu aku sayang ibu”
Ibu ku adalah guru matematika

Puisi By Bunda


PENGEMBARAAN LEWAT SEBUAH CERMIN          BY: Nurhayati

Di sebuah bangun ruang berdimensi tiga
Terlihat sebuah kerucut kecil terpancung
Beralaskan polinomino dan berpayung paraboloida

Minggu, 01 Januari 2012

MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DI SEKOLAH




PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Mari kita renungkan makna pendidikan yang  dewasa ini banyak menghasilkan manusia-manusia super, genius, cerdas dan terampil, tetapi hanya sedikit yang memiliki karakter yang baik, berbudi pekerti dan berakhlak mulia.

Spirit 50 Tahun Gerakan Pramuka



Oleh : Muhammad Aslam
( Pembina Pramuka SMP 5 Solo )
Gerakan Praja Muda Karana atau Gerakan Pramuka yang direvitalisasi sejak tahun 2006 sudah menunjukkan progres report atau kemajuan yang signifikan. Salah satunya adalah meningkatkan payung hukumnya menjadi Undang-Undang yaitu UU No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dari payung hukum sebelumnya berupa Keputusan Presiden No.238/1961 tentang Gerakan Pramuka.

Matematika SD

Keajaiban Alquran


SPL Dua Variabel


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No II-1

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            2.   Menyelesaikan masalah program linear.
Kompetensi Dasar
            2.1.   Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dengan dua variabel.

Luas dan Volume


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No I-3

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
1.3. Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar.
Indikator
                 Menguasai konsep integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume
                 benda putar dengan sungguh-sungguh(kerja keras, mandiri, tanggungj jawab)
1. Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu koordinat
2. Menghitung volum benda putar.