Jumat, 22 Maret 2013
Rabu, 13 Maret 2013
RPP berkarakter
RPP Penjaskes SMP, klik
http://www.ziddu.com/download/21797775/3SILABUSSMPPJOK.doc.html
Sabtu, 09 Maret 2013
Beberapa Model Pembelajaran
Model-Model Pembelajaran
Soekamto (dalam Trianto, 2009: 22) mengemukakan
maksud dari model pembelajaran adalah: kerangka konseptual yang melukiskan
prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk
mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para
perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas
belajar-mengajar.
Arends (dalam Trianto, 2009: 22) menyatakan “the
term teaching model refers to a particular approach to instruction that
includes its goals, syntax, environment, and management system.” Istilah
model penegajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran tertentu termasuk
tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaannya.
Jumat, 08 Maret 2013
Bruce Reznick's
SEBUAH
DISKUSI TENTANG BRUCE
REZNICK’S
Makalah ini merupakan
hasil diskusi tentang Bruce Reznick’s
masih dalam rangka reformasi matematika. Mengambil trik penipuan dalam
berdagang, orang mengembangkannya ketika harus membuat makalah/paper sewaktu
tidak mempunyai ide. Ingram Olkin mencoba mengatasi hal ini dengan memberi
kuliah ilmiah, lalu diskusi. Diskusi pertama tentang “penekanan ucapan
terimakasih”, diskusi kedua menekankan “pilihan yang mendukung pembahasan
pertama”. Awal diskusi biasanya berupa “saya senang menawarkan penekanan ucapan
terima kasih”.
Senin, 04 Maret 2013
Sabtu, 02 Maret 2013
RPP Fungsi, Persamaan, Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X
Klik http://www.ziddu.com/download/21717228/Bab2.pdf.html
RPP Fungsi Eksponen dan Logaritma XII IPA
Klik http://www.ziddu.com/download/21715541/Bab7.docx.html
SOAL Matematika
Untuk dowload silahkan klik http://www.ziddu.com/download/21715563/EBSGazal.pdf.html
PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
Makalah
Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan
Universitas PGRI Palembang
Senin, 27 Juni 2011
Oleh:
NURHAYATI
Pemerintah Kota Palembang
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
SMA NEGERI
15 PALEMBANG
2011
PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Pandangan bahwa
siswa membangun pengetahuan sendiri berdasar pengalaman dikenal dengan istilah
konstruktivisme. Intinya siswa secara aktif membangun pengetahuan dan maknanya
dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri baik secara individu maupun sosial.
Konsruktivisme merupakan salah satu
alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh para guru
matematika dalam mengembangkan kemampuan siswa berpikir, bernalar, komunikasi,
dan pemecahan masalah baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan
sehari-hari. Dalam makalah ini selain tujuan
dari pendekatan konstruktivis, juga dibahas mengenai kondisi objektif di
lapangan, kendala-kendala yang mungkin timbul, serta kesukaran-kesukaran yang
di hadapi guru dalam menggunakan pendekatan ini. Dan diberikan satu contoh RPP
serta LKS pada materi perkalian dua
matriks yang menggunakan pendekatan konstruktivisme.
Kata Kunci:
Pendekatan, Konstruktivisme, Pembelajaran.
BAHAN AJAR TURUNAN FUNGSI YANG DI
DESAIN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAPAT MELATIH AKTIVITAS SISWA DI KELAS
Nurhayati
Abstrak
Mendesain bahan
ajar adalah tugas pokok seorang guru. Dengan mendesain sendiri, guru dapat
menyesuaikan bahan ajar dengan karakteristik siswanya. Dalam makalah ini, penulis memberikan suatu alternatif dalam mendesain
bahan ajar turunan fungsi melalui pendekatan konstruktivisme. Konstruktivisme
adalah memandang bahwa pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa. Intinya siswa secara aktif membangun
pengetahuan dan maknanya dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri baik secara
individu maupun sosial. Pendekatan konstruktivisme telah mulai banyak digunakan
dalam pembelajaran. Namun kali ini bahan ajar yang akan digunakan berbentuk LKS yang didesain melalui
pendekatan konstruktivisme. LKS terdiri dari lima aktivitas. Aktivitas 1,
pengaktifan pengetahuan prasyarat. Aktivitas 2, pengumpulan ide. Aktivitas 3,
pemerolehan pengetahuan baru. Aktivitas 4, pemantapan ide. Aktivitas 5,
rangkuman dan refleksi. Sedangkan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran
terdiri lima aktivitas juga, yaitu: menulis. Lisan/oral, mendengarkan, mental dan emosi. Dalam makalah ini diberikan deskripsi bagaimana
pelaksanaan pembelajarannya.
Kata Kunci:
Bahan Ajar, Pendekatan Konstruktivisme, dan Aktivitas siswa.
Langganan:
Postingan (Atom)