Rabu, 13 Maret 2013

RPP berkarakter

RPP Penjaskes SMP, klik http://www.ziddu.com/download/21797775/3SILABUSSMPPJOK.doc.html

Penjas SMP

Silabus Penjas SMP klik http://www.ziddu.com/download/21797775/3SILABUSSMPPJOK.doc.html

Sabtu, 09 Maret 2013

Beberapa Model Pembelajaran

Model-Model  Pembelajaran
Soekamto (dalam Trianto, 2009: 22) mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah: kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar-mengajar.
Arends (dalam Trianto, 2009: 22) menyatakan “the term teaching model refers to a particular approach to instruction that includes its goals, syntax, environment, and management system.” Istilah model penegajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran tertentu termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaannya.

Jumat, 08 Maret 2013

Bruce Reznick's


SEBUAH  DISKUSI  TENTANG  BRUCE  REZNICK’S

      Makalah ini merupakan hasil diskusi tentang  Bruce Reznick’s masih dalam rangka reformasi matematika. Mengambil trik penipuan dalam berdagang, orang mengembangkannya ketika harus membuat makalah/paper sewaktu tidak mempunyai ide. Ingram Olkin mencoba mengatasi hal ini dengan memberi kuliah ilmiah, lalu diskusi. Diskusi pertama tentang “penekanan ucapan terimakasih”, diskusi kedua menekankan “pilihan yang mendukung pembahasan pertama”. Awal diskusi biasanya berupa “saya senang menawarkan penekanan ucapan terima kasih”.  

Senin, 04 Maret 2013

Sabtu, 02 Maret 2013

Go To Mathematics: Seni

Go To Mathematics: Seni

RPP Pangkat, Akar dan Logaritma Kelas X

Klik http://www.ziddu.com/download/21717224/Bab1.pdf.html

RPP Fungsi, Persamaan, Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X

Klik http://www.ziddu.com/download/21717228/Bab2.pdf.html

RPP Sistem Persamaan Linier Kelas X

Klik http://www.ziddu.com/download/21717233/Bab3.pdf.html

RPP Logika Matematika Kelas X

Klik http://www.ziddu.com/download/21717236/Bab4.pdf.html

RPP Fungsi Trigonometri Kelas X

klik http://www.ziddu.com/download/21717238/Bab5.pdf.html

RPP Dimensi Tiga Kelas X

Klik http://www.ziddu.com/download/21717241/Bab6.pdf.html

RPP Fungsi Eksponen dan Logaritma XII IPA

Klik http://www.ziddu.com/download/21715541/Bab7.docx.html

RPP Materi Barisan dan Deret XII IPA

Klik http://www.ziddu.com/download/21715539/Bab6.docx.html

RPP Transformasi Geometri XII IPA

Klik http://www.ziddu.com/download/21715536/Bab5.docx.html

RPP Materi Vektor XII IPA

Klik http://www.ziddu.com/download/21715530/Bab4.docx.html

RPP Materi Matriks XII IPA

Klik http://www.ziddu.com/download/21715528/Bab3.docx.html

SOAL Matematika

Untuk dowload silahkan klik http://www.ziddu.com/download/21715563/EBSGazal.pdf.html

RPP Integral

pengembangan bahan ajar turunan fungsi

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Makalah
Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan
Universitas PGRI Palembang
Senin, 27 Juni 2011





Oleh:
NURHAYATI


Pemerintah Kota Palembang
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
SMA NEGERI  15  PALEMBANG
2011

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abstrak
Pandangan bahwa siswa membangun pengetahuan sendiri berdasar pengalaman dikenal dengan istilah konstruktivisme. Intinya siswa secara aktif membangun pengetahuan dan maknanya dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri baik secara individu maupun sosial. Konsruktivisme  merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh para guru matematika dalam mengembangkan kemampuan siswa berpikir, bernalar, komunikasi, dan pemecahan masalah baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam makalah ini selain tujuan  dari pendekatan konstruktivis, juga dibahas mengenai kondisi objektif di lapangan, kendala-kendala yang mungkin timbul, serta kesukaran-kesukaran yang di hadapi guru dalam menggunakan pendekatan ini. Dan diberikan satu contoh RPP serta LKS  pada materi perkalian dua matriks yang menggunakan pendekatan konstruktivisme.
Kata Kunci: Pendekatan, Konstruktivisme, Pembelajaran.
BAHAN AJAR TURUNAN FUNGSI YANG DI DESAIN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAPAT MELATIH AKTIVITAS  SISWA DI KELAS
 Nurhayati

Abstrak
Mendesain bahan ajar adalah tugas pokok seorang guru. Dengan mendesain sendiri, guru dapat menyesuaikan bahan ajar dengan karakteristik siswanya.  Dalam makalah ini, penulis  memberikan suatu alternatif dalam mendesain bahan ajar turunan fungsi melalui pendekatan konstruktivisme. Konstruktivisme adalah memandang bahwa pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa.  Intinya siswa secara aktif membangun pengetahuan dan maknanya dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri baik secara individu maupun sosial. Pendekatan konstruktivisme telah mulai banyak digunakan dalam pembelajaran. Namun kali ini bahan ajar yang akan digunakan  berbentuk LKS yang didesain melalui pendekatan konstruktivisme. LKS terdiri dari lima aktivitas. Aktivitas 1, pengaktifan pengetahuan prasyarat. Aktivitas 2, pengumpulan ide. Aktivitas 3, pemerolehan pengetahuan baru. Aktivitas 4, pemantapan ide. Aktivitas 5, rangkuman dan refleksi. Sedangkan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran terdiri lima aktivitas juga, yaitu: menulis. Lisan/oral,  mendengarkan, mental dan emosi.  Dalam makalah ini diberikan deskripsi bagaimana pelaksanaan pembelajarannya.
            Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Konstruktivisme, dan Aktivitas siswa.