Rabu, 11 Januari 2012

Modul KPD (1.1)

ORIENTASI  KPD

I.     DASAR  PEMIKIRAN
1.   Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka Peserta Kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang selama ini diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain.
2.   Orang dewasa mau belajar bilamana :
a.   Ia mau,
b.   Ia senang dengan materinya,
c.   Ia memerlukan dalam kehidupannya, dan bagi fungsi, peran, tugas dan tanggung jawabnya,
d.   Ia merasa diuntungkan, sehingga untuk membelajarkan orang dewasa tidak segampang seperti Guru mengajar muridnya di kelas.

II.    TUJUAN
        Mengkondisikan para peserta kursus untuk siap mengikuti pembelajaran dalam kursus yang akan diikuti, dengan cara memberikan informasi-informasi yang sangat diperlukan bagi seseorang Pembina Pramuka dalam mengemban tugas-tugasnya lewat kepramukaan serta memotivasi mereka untuk melibatkan diri dalam proses kegiatan KPD.
       
III.  SASARAN
        Setelah mengikuti Orientasi, Peserta mampu :
1.   Membuka diri untuk dapat mengikuti dan menerima masukan-masukan baik dari Pelatih maupun dari sesama Peserta Kursus;
2.   Berperan aktif dalam proses pembelajaran;
3.   Bekerja dan bergiat dalam kelompok pembelajaran dengan baik dan kompak ;
4.   Berintegrasi secara positif pada semua kegiatan yang tersajikan dalam kursus.

IV.   PELAKSANAAN  ORIENTASI KURSUS  
1.   Orientasi Kursus diberikan oleh Ka.Lemdika atau Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih.
2.   Materi Orientasi Kursus
a.   Keputusan Ka. Kwarnas No.92 Tahun 2002.
b.   Apa,  mengapa, sasaran, tujuan, dan bagaimana KPD
c.   Kebutuhan Pembina Pramuka agar dapat memerankan dirinya sebagai Pembina Pramuka yang baik.
d.   Bagaimana Peserta Kursus memerankan dirinya dalam Kursus yang menggunakan pendekatan Andragogis yang interaktif progresif (Progressive Interactional Learning Proses).
e.   Peserta memahami sistem kursus:

Input (Masukan Kursus):
  1. Pembina yang aktif di gugusdepan, dan memiliki bakat dan kesanggupan untuk melatih.
  2. Telah mengikuti pendidikan dan latihan KML.
  3. Telah menyelesaikan Narakarya-2, dan telah telah dikukuhkan sebagai Pembina Pramuka Mahir lengkap.
  4. Memperoleh mandate dari kwartirnya.

Proses Kursus:
  1. Mendaftarkan diri sebagai peserta kursus dan menyelesaikan seluruh administrasi registrasi yang dipersyaratkan.
  2. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi modul pengantar.
  3. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi modul pemahaman.
  4. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi modul keterampilan bergaul. 
  5. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi keterampilan kepramukaan.
  6. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi keterampilan perencanaan.
  7. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi pelaksanaan perencanan.
  8. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi out-door.
  9. Mengikuti dengan baik dan lengkap materi penutup.

Lulusan (Out-put) Kursus:
  1. Memahami dan dapat melakukan keseluruhan materi dalam proses kursus.
  2. Sanggup menyampaikan nilai-nilai dan keterampilan yang diperolehnya dari kursus yang diikutinya.
  3. Sanggup mengembangkan nilai-nilai dan keterampilan untuk diri pribadi dan lingkungan social dan fisik di manapun mereka berada.

Hasilan (Out-come) Kursus:
  1. Melakukan masa pengembangan Naratama-1.
a.    Menambah jumlah Pramuka Garuda, dan meningkatkan Syarat Kecakapan Umum Pramuka yang diasuh di gugusdepannya.
b.    Menjaga dan melakukan dengan baik kode kehormatan pramuka.
c.    Proaktif dalam kegiatan-kegiatan peserta didik di kwartirnya.
d.    Proaktif membantu pendidikan dan pelatihan orang dewasa di kwartirnya atau kwartir lain yang membutuhkannya.
e.    Ikut melatih KMD paling sedikit 5 (lima) kali.
f.     Menjadi pemimpin kursus atau wakil pemimpin kursus di KMD sedikitnya 1 (satu) kali.
g.    Ikut menjadi asisten pelatih di KML paling sedikit 3 (tiga) kali.
h.    Menjadi konsultan bagi sedikitnya 3 (tiga) orang Pembina di kwartir rantingnya, atau kwartir ranting di dekatnya.
i.     Dapat mengembangkan materi kepramukaan (scouting skill) sesuai dengan kemahirannya.
 
  1. Tetap aktif di gugusdepan dan proaktif dalam kegiatan-kegiatan pendidikan dan latihan di kwartirnya, bersedia ditugasi oleh kwartirnya untuk kegiatan-kegiatan yang tidak mengganggu pekerjaan pokoknya.


V.    WAKTU  : 2 X 45  menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar