RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP No III- 3
Nama Sekolah : SMA Negeri 15
Palembang
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XII IPA
Semester : Gazal
Standar Kompetensi
1. Menggunakan
konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian
sistem persamaan linier dua variabel
Indikator
Menunjukan
kemampuan menganalisis dalam menggunakan determinan dan invers dalam
penyelesaian sistem persamaan linier dua variable(kreatif)
1. Menentukan persamaan
matriks dari sistem persamaan linier
2. Menyelesaikan sistem
persamaan linier dua variabel dengan matriks invers
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran
Eksplorasi :
- Siswa mencari informasi tentang pemakaian matriks dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
- Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
Elaborasi :
- Siswa membaca, mendiskusikan dan menuliskan hasil penyelesaian tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
- Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
- Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
- Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.
Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang
ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang
ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.
Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan:
peduli);
4.
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya
diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke
|
Tujuan Pembelajaran
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Siswa dapat :
1. Menyelesai kan sistem persamaan
linier dua variabel dengan matriks invers.
|
Penerapan matriks pada sistem persamaan linier
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Sebagai apresiasi siswa diingatkan kembali
tentang persamaan matriks AX=B.
Kegiatan Inti
2. Dengan tanya jawab dan diskusi, dibahas
mengenai sistem persamaan linier dengan dua perubah.
3. Dengan diskusi dan mencermati Contoh Soal,
siswa memahami cara menyelesaikan SPL dua perubah menggunakan invers matriks
2x2.
4. Siswa mengerjakan Soal
Komp. 7 No 1 hal 128
Lat 15 No 1 hal 115.
Kegiatan Penutup
5. Siswa
diarahkan membuat rangkuman.
6. Siswa diberi tugas Komp. 7 No 4 hal 129.
|
2 JP
|
2.
|
Siswa dapat :
2. Menyelesai kan SPL dua perubah
dengan determinan matriks.
|
Menyelesaikan SPL dua perubah dengan determinan
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Ssiwa diingatkan kembali cara menyelesaikan
SPL dengan dua perubah menggunakan matriks invers.
Kegiatan Inti
2. Dengan mencermati contoh soal dan diskusi,
siswa memahami cara menyelesaikan SPL dua perubah dengan determinan matriks.
3. Siswa mengerjakan Soal
Komp.
8 No 1, 2
Lat.
16 No 1.
Kegiatan Penutup
4. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
5. Siswa diajak refleksi. (lembar refleksi
terlampir)
|
2 JP
|
minta soal dan jawabannya tentang penyelesaian SPLDV DENGAN DETERMINAN DAN INVERS
BalasHapus