Rabu, 04 Januari 2012

Operasi Matriks dan Sifat-Sifatnya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III-1

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.      Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.1.   Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain.
Indikator
Menerapkan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers matriks persegi lain secara ulet dan teliti(ulet, teliti)
            1. Melakukan operasi aljabar.
            2. Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh.
            3. Mengenal invers matriks persegi.


Alokasi Waktu   : 4 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang  matriks dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.


Siswa dapat :





1.  Menyajikan data yang diambil dari surat kabar ke bentuk matriks.

2.  Menentukan unsur-unsur matriks.

3.  Menentukan transpose suatu matriks.

4.  Menyelesai kan masalah yang berkenaan dengan kesamaan matriks.
Matriks
-      Pengertian
-      Notasi
-      Ordo
-      Transpose
-      Kesamaan







Jenis-jenis
Kegiatan Pendahuluan
1. Sebagai motivasi dijelaskan penggunaan matriks dalam kehidupan sehari-hari.
    Misalnya : Daftar harga dipasar swalayan, hasil klasemen sepakbola, daftar nilai ujian, dsb.
Kegiatan inti
2. Dengan menggunakan data yang diambil dari surat kabar / majalah, siswa menyajikan data tersebut dalam bentuk matriks.
3. Dengan menyimak sajian data pada kegiatan 2, siswa mengenal unsur-unsur matriks.
    (pengertian, notasi, baris, kolom, ordo).
4. Dengan mengkaji ordo dan membaca buku, siswa mengenal jenis-jenis matriks.
5. Dengan diskusi dan mencermati contoh soal, siswa mengenal transpose dan kesamaan dua matriks.
6. Siswa mengerjakan soal latihan
    Komp. 1 No 1 dan 6 hal 87 - 88
    Komp. 2 No 1, 2 dan 6 hal 90 - 91.
Kegiatan penutup
7. Siswa diberi tugas mandiri terstruktur. Penerapan
2 JP




















2 Pekan

2.


Siswa dapat :
5.  Menyelesai kan yang berkenaan dengan operasi matriks.


6.  Menghitung integral tak tentu fungsi trigonometri.



Operasi matriks (Jumlah, pengurang
-an, perkalian skalar).


Perkalian dua matriks.

Ilustrasi :
Seorang ibu membeli 2 barang di 2 warung yang berbeda
Kegiatan Pendahuluan
1.  Membahas PR.
2.  Dengan diskusi, dibahas mengenai sifat-sifat penjumlahan dan perkalian dengan bilangan real.


Kegiatan inti
3.  Dengan diskusi dan mencermati contoh soal, siswa memahami perkalian dua matriks.
4.  Siswa mengerjakan soal Komp Lat 9 No 4 hal 97.
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman
6.  Siswa diberi tugas
     Lat II No 1 dan 2 hal 101.

2 JP

1 komentar: