RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No II-3
Nama Sekolah : SMA Negeri 15
Palembang
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XII IPA
Semester : Gazal
Standar Kompetensi
2.
Menyelesaikan masalah program linear.
Kompetensi Dasar
Indikator
Menguasai konsep untuk menyelesaikan model matematika dari masalah
program linier dan penafsirannya(kerja keras, mandiri, tanggung jawab)
1. Menentukan nilai optimum dari
fungsi objektif
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran
Eksplorasi :
- Siswa mencari informasi tentang nilai optimum dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
- Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
Elaborasi :
- Siswa membaca, mendiskusikan dan menuliskan hasil penyelesaian tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
- Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
- Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
- Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.
Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang
ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang
ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.
Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan:
peduli);
4.
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya
diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke
|
Tujuan Pembelajaran
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Siswa dapat :
1. Menentukan fungsi objektif
dan kendala dari program linear.
|
Model matematika program linear
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Dengan metode diskusi, siswa membahas
pengertian model matematika.
Kegiatan Inti
2. Dengan diskusi dan mencermati contoh soal,
siswa dapat membuat model matema-tika dari suatu persoalan sehari-hari.
3. Siswa mengerjakan soal kompetensi 2 hal. 83
– 84 (Platinum) (penilaian proses)
Kegiatan Penutup
4. Siswa
diberi tugas.
|
2 JP
|
2
|
Siswa dapat :
3. Menentukan nilai optimum dari fungsi
objektif dengan menggunakan titik pojok.
|
Nilai optimum (dengan uji titik sudut)
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali
tentang model matematika.
2. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan
memahami nilai optimum.
Kegiatan Inti
3. Dengan diskusi dan mencermati contoh soal,
siswa menentukan daerah Hp dari suatu model matematika.
4. Siswa mengerjakan soal kompetensi 3 hal. 71
– 73 (Platinum)
Kegiatan Penutup
5. Siswa diajak refleksi. (lembar refleksi terlampir)
|
2 JP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar