Rabu, 04 Januari 2012

Model Matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No II-2

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            2.   Menyelesaikan masalah program linear.
Kompetensi Dasar
            2.2.   Merancang model matematika dari masalah program linier.
Indikator
             Menunjukkan kemampuan menganalisis dalam merancang model matematika dan
             masalah program linier(kreatif)
             1. Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier.
             2. Menggambar daerah fisibel dari program linier.
             3. Merumuskan model matematika dari masalah program linier.

Alokasi Waktu   : 4 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang model matematika dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.








Siswa dapat :
1.    Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linear.

2.   Menggambr daerah fisibel dari program linier.

Model matematika program linear
Kegiatan Pendahuluan
1.  Dengan metode diskusi, siswa membahas pengertian model matematika.
Kegiatan Inti
2.  Dengan diskusi dan mencermati contoh soal, siswa dapat membuat model matema-tika dari suatu persoalan sehari-hari.
3.  Siswa mengerjakan soal kompetensi 2 hal. 83 – 84 (Platinum) (penilaian proses)
Kegiatan Penutup
4. Siswa diberi tugas mandiri terstruktur secara kelompok “Penerapan program linear dalam kehidupan sehari-hari”.

2 JP
2.
Siswa dapat :
3.    Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linear.

Model matematika program linear
Kegiatan Pendahuluan
1.  Dengan metode diskusi, siswa membahas pengertian model matematika.
Kegiatan Inti
2.  Dengan diskusi dan mencermati contoh soal, siswa dapat membuat model matema-tika dari suatu persoalan sehari-hari.
3.  Siswa mengerjakan soal kompetensi 2 hal. 83 – 84 (Platinum) (penilaian proses)
Kegiatan Penutup
4. Siswa diberi tugas.

2 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar