PANDUAN
TEKNIK PENYAJIAN MODUL
KURSUS
PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD)
I.
Pendahuluan
Proses pembelajaran yang berpusat kepada pendidik (teacher centered), di mana pendidik menganggap dirinya sebagai
gudangnya ilmu pengetahuan (store of
knowledge) sudah menjadi kamus kuno. Baden Powell telah mengalihkan proses
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (ask the boys – students centered), dengan demikian pendidik tidak
bertindak dominator tetapi sebagai fasilitator.
Panduan ini dibuat karena masih banyak penyelenggaraan kursus yang
setiap topik atau setiap pokok bahasan dilakukan dengan ceramah, sehingga
peserta didik hanya berperan sebagai pendengar, sehingga ketika kursus berakhir
tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk membina gugusdepan.
Panduan teknis
penyajian modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun dalam
rangka standarisasi pola penyajian modul KMD, dengan harapan dapat menjadi
panduan dasar bagi Pelatih Pembina Pramuka; adapun pengembangan selanjutnya diserahkan kepada pelatih yang bersangkutan.
II.
Tujuan dan Sasaran KMD
1. Tujuan Kursus Pembina
Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi bekal
pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan
dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan
Penegak dan Racana Pandega.
2. Sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar,
mampu :
a. Menjelaskan
apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan serta perkembangannya.
b. Menerapkan
kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan
golongannya.
c. Menjelaskan
apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode
Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto
Kepramukaan serta menerapkannya dalam
membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
d. Mendidikkan
Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka kepada Pramuka sesuai dengan
golongnnya sehingga sikap dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan
Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina dan
mengembangkan mental, fisik,
intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu
berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.
f. Menerapkan
Sistem Among dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka dalam hidup
bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panutan peserta didik dan masyarakat.
g. Menerapkan
kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan
dan Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola Program
Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya.
i. Menerapkan
ketrampilan komunikasi dan ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis
dan menghayati sifat dan watak peserta didiknya.
k. Mengelola
satuannya.
l. Membina dan
mengembangkan sumber daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami,
Menghayati dan melaksanakan AD & ART
Gerakan Pramuka.
III.
Metode
Materi KMD disajikan dengan pendekatan andragogi,
berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung
dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, di antaranya :
1.
Dinamika
kelompok
2.
Diskusi
kelompok
3.
Curah
gagasan
4.
Metta
Plan/Country Fair
5.
Studi
kasus
6. Kerja kelompok
7. Demonstrasi
8. Bermain peran
9. Presentasi
10.
Bola salju (snow balling)
11.
Debat
12.
Fish Bowl
13.
Class students have
14.
Simulasi
15.
Base Mathod
16.
Berbagai kegiatan praktek (kesiagaan,
kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting skill, dan permainan).
17.
Open Forum
18.
Rencana
Tindak lanjut (RTL)/Action Plan
IV.
Rencana Pembelajaran
Dalam menyusun rencana pembelajaran pendekatan yang
digunakan adalah andragogi, strategi pembelajaran dilakukan dengan cara “Do-Look-Learn”,
untuk itu diperlukan petunjuk
pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan materi sajian yang ada berupa
persiapan pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) dan petunjuk
pembelajaran bagi peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir pertemuan sesi, pelatih mengadakan sharring dengan tujuan mengadakan pembulatan/pencerahan
berupa kesimpulan.
V.
Strategi pembelajaran
1.
Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai
berikut:
a.
Pelatih menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik
sajian yang ada.
b.
Peserta memahami petunjuk pembelajaran yang diberikan.
c.
Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan petunjuk
pembelajaran.
d.
Peserta memperoleh temuan-temuan dari proses pembelajaran
tersebut.
e.
Sharring atas temuan-temuan yang
ada.
f.
Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
2. Pembagian waktu penyajian
pada setiap Pokok Bahasan:
a. Pengantar dan penjelasan
materi untuk pemahaman konsep (ceramah) : 20 %;
b. Kegiatan praktek/simulasi/demonstrasi/
kerja kelompok atau mandiri :
70 %;
c. Pembulatan/pencerahan/kesimpulan : 10%;
d. Satu jam pelajaran = 45
menit
3. Dalam KMD kepada peserta
dikenalkan praktek kegiatan Kesiagaan, Kepenggalangan, Kepenegakan dan
Kepandegaan.
4. KMD
dilaksanakan di dalam ruangan 1/3 alokasi waktu dan 2/3 waktu diselenggarakan di
alam terbuka dalam bentuk perkemahan, atau 2,5 hari di kelas – 4,5 hari di
perkemahan.
VI.
Pendukung Proses Belajar
Mengajar dengan pendekatan Andragogi
1.
Sarana Prasarana:
a.
Ruang belajar yang bersih, sehat, terang dan sepadan dengan
kapasitas.
b.
Alat bantu pembelajaran yang memadai kuantitas dan kualitas.
c.
Tersedianya alam terbuka untuk kegiatan outdoor.
2.
Adanya bahan serahan.
3.
Suasana pendukung proses pembelajaran: terhindar dari
gangguang kegaduhan, polusi udara.
4.
Alunan musik yang dapat membengkaitkan
semangat belajar.
VII.
Rencana Tindak Lanjut
1. Rencana Tindak Lanjut
(RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir pelaksanaan kursus sebagai
motivator pada diri mereka sendiri untuk
melakukan kegiatan tindak lanjut setelah mengikuti pelatihan.
2. RTL juga berfungsi sebagai
pendorong peserta pelatihan untuk mengikuti program masa pengembangan/narakarya
1 oleh kwartir, yang akan menjadi persyaratan untuk mengikuti pelatihan
berikutnya (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan/KML).
VIII. Penutup
Dengan disusunnya panduan
ini diharapkan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul KMD, selanjutnya
kepada para pelatih dapat mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.
KURIKULUM KMD
Kurikulum KMD disusun
sebagai berikut :
a. BABAK PENGANTAR
Modul 1 PENGANTAR
............................................................................
1.1. Upacara Pembukaan Kursus ..........................................................
1.2. Orientasi Kursus ...........................................................................
1.3. Dinamika kelompok ..........................................................................
1.4. Pengembangan Sasaran Kursus
......................................................
|
4 Jampel
1 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
|
b. BABAK INTI
Modul 2 : KEPRAMUKAAN, PRINSIP
DASAR&METODE...........................
2.1. Penghayatan
AD & ART Gerakan
Pramuka....................................
2.2. Sejarah
Kepramukaan...................................................................
2.3. Kepramukaan
.............................................................................
2.4. Pendidikan
dalam Kepramukaan .................................................
2.5. Prinsip
Dasar Kepramukaan
........................................................
2.6. Metode
Kepramukaan
................................................................
2.7. Kode
Kehoramatan Pramuka
......................................................
2. 8. Motto
& Kiasan Dasar Gerakan Pramuka ......................................
2.9. Kiasan Dasar dalam
Kepramukaan ...............................................
|
12 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 3 :
PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Kesiagaan
................................................................................... ...
3.2. Kepenggalangan
......................................................................... ...
3.3. Kepenegakan
............................................................................. ...
3.4. Kepandegaan ........................................................................... ...
3.5 Program Kegiatan Peserta
Didik (PRODIK)................................... ...
3.6. Dewan Satuan Pramuka .................................................................
3.7. Forum S,G,T,D, .............................................................................
3.8. Memahami Peserta Didik dan
Kebutuhannya.................................
3.9. Menciptakan Kegiatan yang
Menarik, Menantang dan Mengandung Pendidikan ..............................................................
|
13 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 4 :
CARA MEMBINA.....................................................................
4.1. Membina Pramuka dengan Sistem
Among......................................
4 2. Komunikasi dan Bergaul dengan Peserta
didik ...............................
4.3. Mengelola Satuan Pramuka ............................................................
4.4. Peran, Tugas dan Tanggung jawab Pembina Pramuka
..................
4.5. Jam Pimpinan
...................................................................................
|
8 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
4 jampel
|
Modul 5 :
ORGANISASI...........................................................................
5.1. Struktur Organisasi Gerakan
Pramuka ...........................................
5.2. Majelis Pembimbing Gerakan
Pramuka .........................................
5.3. Organisasi dan Administrasi Gugus Depan Pramuka .......................
5.4. Satuan Karya Pramuka (
SAKA)......................................................
|
4 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 6 : KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN
.................................
6.1. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG .........................................................
6.2. Upacara sebagai Alat Pendidikan .............. .....................................
6.3. Permainan sebagai alat pendidikan
...............................................
6.4 Pelantikan sebagai Alat Pendidikan .......... ....................................
6.5 Api Unggun sebagai Alat Pendidikan
.............................................
|
5 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA (OUTDOOR ACTIVITY)...............
7.1. Teori dan pendirian tenda .......................... ....................................
7.2. Keterampilan
Kepramukaan Siaga ....................................................
7.3. Keterampilan Kepramukaan Penggalang
.........................................
7.4.
Keterampilan Kepramukaan Penegak & Pandega
.............................
7.5. Penjelajahan...................................................................................
|
34 jampel
2 jampel
8 jampel
8 jampel
8 Jampel
8 jampel
|
Modul 8 : KEWIRAUSAHAAN
..................................................................
8.1. Pengembangan Kewiraan ................................................................
8.2. Pengembangan Kewirausahaan .....................................................
|
2 jampel
1 jampel
1 jampel
|
c. BABAK PELENGKAP
Modul 9
: PELENGKAP
........................................... .....................................
9.1. Lambang Gerakan Pramuka dan WOSM ......................
....................
9.2. Pakaian
Seragam, Tanda Pengenal, Tanda Jabatan
dan Tanda Penghargaan Pramuka
..........................................................................
9.3. UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera,
Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan
.........................................................................
9.4. Muatan Lokal
............................................... ……………………………………
|
8 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
4 Jampel
|
d. BABAK
PENUTUP
Modul 10
: PENUTUP
.......................................................................
10.1. Forum Terbuka
............................................ .........................
10.2. Rencana Tindak Lanjut (RTL) ........................ .........................
10.3. Evaluasi
.................................................................................
10.4. Upacara Penutupan Kursus
......................... .........................
|
5 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Jumlah
........................................................................
|
95 Jampel
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar