Jumat, 06 Januari 2012

Determinan dan Invers Matriks 2x2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 2

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.2. Menentukan determinan dan invers matriks 2x2 
Indikator
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam menentukan determinan dan invers matriks 2 x  2(logis, kritis, kreatif, inovatif)

            1. Menentukan determinan.
            2. Menentukan invers dari matriks 2x2.
           
Alokasi Waktu   : 4 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang  matriks dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.


Siswa dapat :
1.  Menentukan determinan matriks 2x2.

2  Menentukan invers matriks 2x2.

Determinan matriks 2x2.

Invers matriks 2x2.
Kegiatan Pendahuluan
1.  Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali tentang Lat II No 1 dan 2 untuk mengarah ke rumus invers.
Kegiatan Inti
2.  Dengan diskusi dan mencermati contoh soal, siswa menentukan invers matriks berordo 2x2.
3.  Siswa mengerjakan soal komp. 6 No 1, 2, 3 dan 4.
Kegiatan Penutup
4. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
5.  Siswa diberi tugas mandiri terstruktur komp. 6 No 5.

2 JP
2.


Siswa dapat :






3.  Menyelesai kan masalah yang berkenaan dengan persamaan matriks.




 

 
Kegiatan Pendahuluan
1.  Sebagai apresiasi siswa diingatkan tentang Komp. 6 No 5.
2.  Dengan tanya jawab, siswa diarahkan menyimpulkan hubungan invers perkalian matriks dengan perkalian invers-invers matriks.
Kegiatan Inti
3.  Dengan diskusi dan membaca buku, siswa memahami cara menyelesaikan persamaan matriks.
4.  Siswa mengerjakan Soal Komp. 6 No 8 hal
     123 – 124.
Kegiatan Penutup
5.  Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6.  Siswa diberi tugas Lat 14 No 5 hal 110.
2 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar