RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No I-1
Nama Sekolah : SMA Negeri 15
Palembang
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XII IPA
Semester : Gazal
Standar Kompetensi
1.
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
1.1. Memahami konsep integral tak tentu dan
integral tentu.
Indikator
·
Menganalisis
dan memecahkan masalah dan selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam
konsep integral tak tentu dan integral tentu (rasa ingin tahu dan kreatif )
·
Menunjukkan kemampuan analisis dalam menghitung integral tak
tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri sederhana (teliti, kreatif)
1. Mengenal arti integral tak tentu
2. Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu
dari turunan.
3. Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar
dan trigonometri.
4. Menentukam integral tentu dengan menggunakan
sifat-sifat integral.
5. Menyelesaikan masalah sederhana yang
melibatkan integral tentu dan tak tentu.
Alokasi
Waktu :
5 jam pelajaran
Eksplorasi :
- Siswa mencari informasi tentang integral dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
Elaborasi :
- Siswa membaca, mendiskusikan dan menuliskan hasil penyelesaian tugas-tugas tertentu (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.
Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan
peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri,
santun, kritis, logis)
2.
Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
(contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.
Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan:
peduli);
4.
Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang
ditanamkan: peduli, percaya diri).
Pertemuan Ke
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Siswa dapat :
1. Merancang aturan integral tak tentu fungsi
aljabar.
2. Menghitung integral tak tentu fungsi
aljabar.
|
Integral
- Integral tak tentu Fungsi Aljabar
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Sebagai motivasi diberikan contoh-contoh penggunaan
integral dalam kehidupan sehari-hari
Misal : konstruksi jembatan
ampera atau vas bunga. Dengan integral kita dapat menghitung luas daerah
ataupun volume dari benda-benda tsb.
2. Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali
tentang rumus-rumus turunan yang sudah dipelajari di kelas XI.
Kegiatan Inti
3. Dengan metode tanya jawab, berkelompok dan diskusi,
siswa menemukan aturan integral tak tentu dari rumus-rumus turunan (Tugas
Terstruktur)
4. Dengan diskusi, tanya jawab dan mencermati contoh
soal, siswa mengerjakan soal latihan
Math XII TS Komp. 1 No 1 – 3 atau
Math XII Sartono, soal Lat. 1
(terlampir)
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6. Siswa diberi PR (soal terlampir)
7. Siswa diajak melakukan refleksi.
|
2 JP
|
2.
|
Siswa dapat :
3. Merancang aturan integral tak tentu fungsi
trigonometri.
4. Menghitung integral tak tentu fungsi
trigonometri.
5. Menyelesaikan masalah yang melibatkan
integral tak tentu.
|
Integral
tak tentu Fungsi Trigono-metri
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali
tentang rumus-rumus turunan fungsi trigonometri.
Kegiatan inti
3. Dengan diskusi, siswa diarahkan untuk
merancang aturan integral tak tentu dari fungsi trigonometri.
4. Dengan mencermati contoh soal dan diskusi,
siswa mengerjakan latihan soal kompetensi 1 hal. 9 – 10 No 3 – 5 (Platinum)
atau soal Latihan 2 hal 7 Math XII Sartono (Terlampir)
5. Menggunakan rumus-rumus integral tak tentu,
siswa menyelesaikan masalah yang melibatkan integal tak tentu. Latihan soal
kompetensi 2 hal. 11 – 12 (Platinum) (soal terlampir)
Kegiatan Penutup
6. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
7. Siswa diberi tugas mandiri“Penerapan
integral dalam kehidupan nyata menggunakan gambar atau video” (kelompok).
8. Siswa
diajak untuk melakukan refleksi.
|
2 JP
3 Pekan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar