Sabtu, 31 Desember 2011

Rumus Integral Tak Tentu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No I-1

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            1.1.   Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu.
Indikator
·                  Menganalisis dan memecahkan masalah dan selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam konsep integral tak tentu dan integral tentu (rasa ingin tahu dan kreatif )

·                  Menunjukkan kemampuan analisis dalam menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri sederhana (teliti, kreatif)

1.      Mengenal arti integral tak tentu
2.   Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan.
3.   Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri.
4.   Menentukam integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat integral.
5.   Menyelesaikan masalah sederhana yang melibatkan integral tentu dan tak tentu.

Alokasi Waktu   : 5 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang  integral dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas-tugas tertentu (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).

Pertemuan Ke
Tujuan
Pembelajaran
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.


Siswa dapat :
1.  Merancang aturan integral tak tentu fungsi aljabar.







2.  Menghitung integral tak tentu fungsi aljabar.
Integral
-   Integral tak tentu Fungsi Aljabar
Kegiatan Pendahuluan
1.  Sebagai motivasi diberikan contoh-contoh penggunaan integral dalam kehidupan sehari-hari
Misal : konstruksi jembatan ampera atau vas bunga. Dengan integral kita dapat menghitung luas daerah ataupun volume dari benda-benda tsb.
2.  Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali tentang rumus-rumus turunan yang sudah dipelajari  di kelas XI.
Kegiatan Inti
3.  Dengan metode tanya jawab, berkelompok dan diskusi, siswa menemukan aturan integral tak tentu dari rumus-rumus turunan (Tugas Terstruktur)
4.  Dengan  diskusi, tanya jawab dan mencermati contoh soal, siswa mengerjakan soal latihan
     Math XII TS Komp. 1 No 1 – 3 atau
     Math XII Sartono, soal Lat. 1 (terlampir)
Kegiatan Penutup
5.  Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6.  Siswa diberi PR (soal terlampir)
7.  Siswa diajak melakukan refleksi.
2 JP
2.


Siswa dapat :
3.  Merancang aturan integral tak tentu fungsi trigonometri.



4.  Menghitung integral tak tentu fungsi trigonometri.

5.  Menyelesaikan masalah yang melibatkan integral tak tentu.

 Integral tak   tentu Fungsi Trigono-metri
Kegiatan Pendahuluan
1.  Membahas PR.
2.  Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali tentang rumus-rumus turunan fungsi trigonometri.
Kegiatan inti
3.  Dengan diskusi, siswa diarahkan untuk merancang aturan integral tak tentu dari fungsi trigonometri.
4.  Dengan mencermati contoh soal dan diskusi, siswa mengerjakan latihan soal kompetensi 1 hal. 9 – 10 No 3 – 5 (Platinum) atau soal Latihan 2 hal 7 Math XII Sartono (Terlampir)
5.  Menggunakan rumus-rumus integral tak tentu, siswa menyelesaikan masalah yang melibatkan integal tak tentu. Latihan soal kompetensi 2 hal. 11 – 12 (Platinum) (soal terlampir)
Kegiatan Penutup
6.  Siswa diarahkan membuat rangkuman.
7.  Siswa diberi tugas mandiri“Penerapan integral dalam kehidupan nyata menggunakan gambar atau video” (kelompok).
8. Siswa diajak untuk melakukan refleksi.

2 JP
















3 Pekan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar