PERANAN
GURU
1. Mengkomunikasikan pengetahuan
1. Mengkomunikasikan pengetahuan
Guru harus memiliki pengetahuan
yang mendalam tentang bahan yang diajarkannya.
2. Guru sebagai Modul
2. Guru sebagai Modul
Guru= yang digugu dan
ditiru.
Guru harus menunjukkan
sikap positf. Dalam hal ini dapat melihat keindahan dan manfaat mata pelajaran
yang diajarkannya serta menunjukkankeberanian untuk berpikir intuitif.
3.Guru menjadi model sebagai Pribadi
3.Guru menjadi model sebagai Pribadi
Guru harus disiplin,
cermat berpikir, mencintai mata pelajaran, tidak mematikan idealisme, serta
tidak picik dalam pandangannya.
KESIMPULAN
Guru
dapat berperan sebagai Komunikator, Model dan Tokoh Identifikasi. Antara guru
dan alat-alat instruksional tidak terdapat pertentangan. Mutu pendidikan tidak
sendirinya akan meningkat dengan dibelinya alat-alat instruksional yang
mutakhir dan mahal. Alat-alat hanya akan bermanfaat dalam tangan guru yang
terampil dan bijaksana.
Sumber;
Nasution.S.2005.
Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar
(Seorang GURU) dalam
praktik mengajar harus mempunyai rasa kasih sayang terhadap
murid-muridnya dan cinta pada
pelajaran yang ia berikan. Perasaan tidak senang terhadap apa yang diberikan kepada murid
sudah pasti akan membawa rasa tidak senang pula pada anak yang bersangkutan. (H.
M. Arifin, M.Ed.)
Metode Pembelajaran baru dapat berfungsi dengan baik,
bilamana GURU mampu menguasai metode yang dipilih secara tepat dalam
pengetrapannya.(H. M. Arifin, M.Ed.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar