Minggu, 15 Januari 2012

Menggunakan sifat dan operasi vektor dalam pemecahan masalah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 4

                        Nama Sekolah            : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran           : Matematika
                        Kelas / Program          : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.4. Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
Indikator
            Menerapkan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
            secara kritis, kreatif, dan inovatif(kritis, kreatif, inovatif)

            1. Menentukan operasi aljabar vektor : Jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skalar, lawan suatu vektor.
            2. Menggunakan rumus perbandingan vektor.
           
Alokasi Waktu   : 4 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang operasi, sifat-sifat dan perbandingan vektor  dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan   Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.
Siswadapat :





1. Menghitung panjang suatu vektor.

2. Menentukan Vektor satuan.

Pengertian vektor

-   Ruas garis berarah

-    Vektor satuan
Panjang vektor
Vektorsatuan
KegiatanPendahuluan
1.  Sebagai motivasi, di berikan ilustrasi seekor kucing yang melompat dar i satu tempat  ketempat  lain, seseorang   yang berjalan  dari  barat  ke  timur, dsb, sebagai    besaran  vektor.
KegiatanInti
2.  Siswamendiskusikan vektor yang dapatdinyatakandalambentukruasgarisberarah.
3.  Denganmembaca, tanyajawabdanberdiskusi, siswamenghitungpanjangsuatuvektorsatuan.
4.  SiswamengerjakanSoal
Komp. 4 No 1 hal 158 (Platinum)
Komp. 7 No 4 hal 167 (Platinum).
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6.  SiswadiberitugasKomp. 4 No 5 dan 7.
7.  Siswa diajak untuk refleksi

2 JP















2.


Siswadapat :

3.Mengurang dua vektor.

4.Menyelesai kan masalah prbnding an dua vektor.

OperasiVektor
-        Jumlah
-          Selisih
-          Sifat-sifat
-          Prbndngn dua vektor

KegiatanPendahuluan
1.  Sebagai apresiasi, siswa diingatkan mengenai materi lalu (pembahasan PR).
Kegiatan inti
2.  Dengan berkelompok,  membaca dan diskusi, siswa menjumlah dan mengurang dua vektor serta hasil kali skalar vektor.
3.  Siswa mengerjakan Soal komp. 1 No 1,6dan 8 hal 149 – 150 (Platinum).
4. DenganmencermatiContohSoaldanmemisalkanvektor , , siswadapatmemahamisifat-sifataljabarvektorpadabidang.
5. DenganmencermatiContohSoaldandiskusi, siswamengerjakansoallat 7 No 1 hal 153 (Erlangga) danSoalLat 6 No 1 hal 155 (Erlangga).
KegiatanPenutup
6.  Siswadiarahkanmembuatrangkuman.
7.  Siswadiberitugasmandiriterstruktur (Komp. 9 No 8). Penerapan
8.  Siswa diajak untuk refleksi

2 JP



















3 Pekan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No III- 4

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            1.   Menggunakan konsep matriks, vektor dan transformasi dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
            3.4. Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
Indikator
            Menerapkan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
            secara kritis, kreatif, dan inovatif(kritis, kreatif, inovatif)

            1. Menentukan operasi aljabar vektor : Jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skalar, lawan suatu vektor.
            2. Menggunakan rumus perbandingan vektor.
           
Alokasi Waktu   : 4 jam pelajaran

Eksplorasi :
  1. Siswa mencari informasi tentang operasi, sifat-sifat dan perbandingan vektor  dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas yang diberikan (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan   Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.
Siswadapat :





1. Menghitung panjang suatu vektor.

2. Menentukan Vektor satuan.

Pengertian vektor

-   Ruas garis berarah

-    Vektor satuan
Panjang vektor
Vektorsatuan
KegiatanPendahuluan
1.  Sebagai motivasi, di berikan ilustrasi seekor kucing yang melompat dar i satu tempat  ketempat  lain, seseorang   yang berjalan  dari  barat  ke  timur, dsb, sebagai    besaran  vektor.
KegiatanInti
2.  Siswamendiskusikan vektor yang dapatdinyatakandalambentukruasgarisberarah.
3.  Denganmembaca, tanyajawabdanberdiskusi, siswamenghitungpanjangsuatuvektorsatuan.
4.  SiswamengerjakanSoal
Komp. 4 No 1 hal 158 (Platinum)
Komp. 7 No 4 hal 167 (Platinum).
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6.  SiswadiberitugasKomp. 4 No 5 dan 7.
7.  Siswa diajak untuk refleksi

2 JP















2.


Siswadapat :

3.Mengurang dua vektor.

4.Menyelesai kan masalah prbnding an dua vektor.

OperasiVektor
-        Jumlah
-          Selisih
-          Sifat-sifat
-          Prbndngn dua vektor

KegiatanPendahuluan
1.  Sebagai apresiasi, siswa diingatkan mengenai materi lalu (pembahasan PR).
Kegiatan inti
2.  Dengan berkelompok,  membaca dan diskusi, siswa menjumlah dan mengurang dua vektor serta hasil kali skalar vektor.
3.  Siswa mengerjakan Soal komp. 1 No 1,6dan 8 hal 149 – 150 (Platinum).
4. DenganmencermatiContohSoaldanmemisalkanvektor , , siswadapatmemahamisifat-sifataljabarvektorpadabidang.
5. DenganmencermatiContohSoaldandiskusi, siswamengerjakansoallat 7 No 1 hal 153 (Erlangga) danSoalLat 6 No 1 hal 155 (Erlangga).
KegiatanPenutup
6.  Siswadiarahkanmembuatrangkuman.
7.  Siswadiberitugasmandiriterstruktur (Komp. 9 No 8). Penerapan
8.  Siswa diajak untuk refleksi

2 JP



















3 Pekan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar