DINAMIKA
KELOMPOK DALAM KPD
I. DASAR
PEMIKIRAN
1. Sebagai
orang dewasa, peserta kursus masing-masing telah memiliki bekal konsep diri dan
pengalaman yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan mereka
cenderung kurang dapat bekerja sama satu dengan
lainnya dalam satu tim.
2. Mereka
cenderung saling menutup diri utamanya masalah kekurangan mereka masing-masing
dan lebih menonjolkan kelebihan masing-masing bahkan ada kecenderungan untuk
tidak mau berbagi pengetahuan dan pengalaman.
II. TUJUAN
Tujuan
kegiatan dinamika kelompok ialah mengembangkan persaudaraan, kerja sama dalam
kelompok sebagai team dengan team work
yang kompak, agar proses pembelajaran interaktif dapat berjalan dengan lancar.
III. SASARAN
Setelah
mengikuti kegiatan dinamika kelompok, Peserta mampu:
1. Membangun
tim yang kompak dan saling membantu antar anggota yang satu dengan lainnya;
2. Menciptakan
kerja sama yang kompak dan serasi, sehingga kegiatan yang dibebankan pada
kelompok dapat diatasi dengan mudah;
3. Terciptanya
persaudaraan antar anggota kelompok, saling mempercayai, menghormati satu
dengan lainnya, saling peduli dan saling
meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.
4.
Terbangunnya proses pembelajaran interaktif, progresif yang efektif.
IV. PELAKSANAAN
DINAMIKA KELOMPOK
1. Dinamika Kelompok dikendalikan oleh Tim Pelatih.
2. Tim
Pelatih menciptakan kegiatan bersama yang dapat mencairkan kebekuan peserta
kursus, dengan permainan (game)
bersama sambil menyanyi dan menari bersama.
3. Dalam
suasana kebersamaan dan kegembiraan tersebut, dilakukan pembentukan kelompok-kelompok peserta yang
akan merupakan satu tim kerja dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama
kursus.
4. Tim
Pelatih membagi diri sebagai pendamping kelompok-kelompok yang terbentuk
tersebut, dan dalam kebersamaan saling memperkenalkan diri, saling membuka diri
dengan jalan masing-masing menginformasikan kelemahan dan kelebihannya, serta
hal-hal yang disenangi dan tidak disenangi.
5. Tim
kerja masing-masing menetapkan Yel-yelnya dan mengumandangkan sebagai satu
pertanda adanya keterpaduan dan kekompakan dalam kelompok.
6. Sebaiknya
dinamika kelompok dalam KPD dilaksanakan menurut golongan peserta didik.
V.
PROSES DINAMIKA KELOMPOK
- Forming, yakni proses dari bertemunya peserta dalam arena sampai dengan terbentuknya suatu kelompok.
- Storming, yakni terjadinya perbedaan, geseran-geseran pendapat, karena perbedaan persepsi, beda pengalaman, beda pendidikan dll.
- Norming, terbentuknya suatu norma atau kesepakatan kelompok.
- Performing, terbentuknya suatu kinerja kelompok.
V. WAKTU
: 2 X 45 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar