RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP No I-3
Nama Sekolah : SMA
Negeri 15 Palembang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : XII IPA
Semester : Gazal
Standar
Kompetensi
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi
Dasar
1.3. Menggunakan integral untuk
menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar.
Indikator
Menguasai konsep integral untuk
menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume
benda putar dengan sungguh-sungguh(kerja
keras, mandiri, tanggungj jawab)
1. Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan
sumbu-sumbu koordinat
Alokasi Waktu : 6
jam pelajaran
Eksplorasi :
- Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang penggunaan integral dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
- Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
Elaborasi :
- Siswa membaca dan menulis penyelesaian tugas-tugas (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
- Siswa di beri tugas, dan mendiskusikannya untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
- Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
- Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
- Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat, terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
- Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, logis, kritis)
- Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
4.
Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar (contoh
nilai yang ditanamkan: peduli, santun);
- membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
- Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Pertemuan Ke
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Siswa dapat :
1.Merumuskan luas daerah yang ditentukan pada gambar.
2.. Menghitung daerah yang dibatasi kurva dan
sumbu x.
|
Luas daerah
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali
cara menggambar daerah yang dibatasi kurva dan sumbu x.
3. Siswa diingatkan kembali cara menyelesai-kan
integral tentu.
Kegiatan Inti
4. Dengan diskusi, siswa diarahkan untuk
merumuskan luas daerah yang diketahui gambarnya ( latihan 9 No 1 dan 2 hal.
32 Math XII Sartono).
5. Dengan mencermati contoh soal dan diskusi,
siswa menerjakan soal latihan 9 No 44 dan 59 hal. 33 Math XII Sartono.
Kegiatan Penutup
6. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
7. Siswa diberi PR (soal kompetensi 6 no 2a
dan e Platinum XII hal 41)
|
2 JP
|
2.
|
Siswa dapat :
3. Menghitung
luas daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva.
|
Luas daerah
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Sebagai motivasi, siswa ditantang untuk
mengitung luas daerah yang dibentuk hati (yang melambangkan cinta)
Kegiatan Inti
3. Dengan diskusi, siswa menentukan rumus
untuk menentukan luas daerah yang dibatasi beberapa kurva.
4. Dengan mencermati contoh soal, siswa
mengerjakan soal latihan 10 No 2 hal. 36 Math Sartono.
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6. Siswa diberi tugas terstruktur berupa soal aplikasi (soal kompetensi 6 No 10
hal. 42 Math XII Platinum)
|
2 JP
2 hari
|
3.
|
Siswa dapat :
4. Menghitung volume benda putar.
|
Volume benda putar
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Sebagai motivasi, siswa ditantang untuk
menghitung volume dari benda-benda dengan bentuk yang tidak beraturan,
misalnya vas bunga.
Kegiatan ini
2. Dengan berdiskusi, siswa memnahas rumus
volume benda putar.
3. Dengan diskusi dan mencermati contoh soal,
siswa mengerjakan soal kompetensi 7 No 1, 2 dan 3.
Kegiatan Penutup
4. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
5. Siswa diajak untuk refleksi. ( lembar
refleksi terlampir)
|
2 JP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP No I-3
Nama Sekolah : SMA
Negeri 15 Palembang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : XII IPA
Semester : Gazal
Standar
Kompetensi
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi
Dasar
1.3. Menggunakan integral untuk
menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar.
Indikator
Menguasai konsep integral untuk
menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume
benda putar dengan sungguh-sungguh(kerja
keras, mandiri, tanggungj jawab)
1. Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan
sumbu-sumbu koordinat
2. Menghitung volum benda putar.
Alokasi Waktu : 6
jam pelajaran
Eksplorasi :
- Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang penggunaan integral dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
- Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
Elaborasi :
- Siswa membaca dan menulis penyelesaian tugas-tugas (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
- Siswa di beri tugas, dan mendiskusikannya untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
- Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
- Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
- Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat, terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
- Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, logis, kritis)
- Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
4.
Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar (contoh
nilai yang ditanamkan: peduli, santun);
- membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
- Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Pertemuan Ke
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Siswa dapat :
1.Merumuskan luas daerah yang ditentukan pada gambar.
2.. Menghitung daerah yang dibatasi kurva dan
sumbu x.
|
Luas daerah
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali
cara menggambar daerah yang dibatasi kurva dan sumbu x.
3. Siswa diingatkan kembali cara menyelesai-kan
integral tentu.
Kegiatan Inti
4. Dengan diskusi, siswa diarahkan untuk
merumuskan luas daerah yang diketahui gambarnya ( latihan 9 No 1 dan 2 hal.
32 Math XII Sartono).
5. Dengan mencermati contoh soal dan diskusi,
siswa menerjakan soal latihan 9 No 44 dan 59 hal. 33 Math XII Sartono.
Kegiatan Penutup
6. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
7. Siswa diberi PR (soal kompetensi 6 no 2a
dan e Platinum XII hal 41)
|
2 JP
|
2.
|
Siswa dapat :
3. Menghitung
luas daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva.
|
Luas daerah
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Sebagai motivasi, siswa ditantang untuk
mengitung luas daerah yang dibentuk hati (yang melambangkan cinta)
Kegiatan Inti
3. Dengan diskusi, siswa menentukan rumus
untuk menentukan luas daerah yang dibatasi beberapa kurva.
4. Dengan mencermati contoh soal, siswa
mengerjakan soal latihan 10 No 2 hal. 36 Math Sartono.
Kegiatan Penutup
5. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6. Siswa diberi tugas terstruktur berupa soal aplikasi (soal kompetensi 6 No 10
hal. 42 Math XII Platinum)
|
2 JP
2 hari
|
3.
|
Siswa dapat :
4. Menghitung volume benda putar.
|
Volume benda putar
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Sebagai motivasi, siswa ditantang untuk
menghitung volume dari benda-benda dengan bentuk yang tidak beraturan,
misalnya vas bunga.
Kegiatan ini
2. Dengan berdiskusi, siswa memnahas rumus
volume benda putar.
3. Dengan diskusi dan mencermati contoh soal,
siswa mengerjakan soal kompetensi 7 No 1, 2 dan 3.
Kegiatan Penutup
4. Siswa diarahkan membuat rangkuman.
5. Siswa diajak untuk refleksi. ( lembar
refleksi terlampir)
|
2 JP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar