Minggu, 01 Januari 2012

SPL Dua Variabel


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No II-1

                        Nama Sekolah           : SMA Negeri 15 Palembang
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas / Program        : XII IPA
                        Semester                     : Gazal

Standar Kompetensi
            2.   Menyelesaikan masalah program linear.
Kompetensi Dasar
            2.1.   Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dengan dua variabel.
Indikator
Berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan sistem pertidaksamaan linier dua variable (kritis, kreatif)

             1. Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.     

Alokasi Waktu   : 2 jam pelajaran

Eksplorasi :
1.       Siswa mencari informasi tentang sistem pertidaksamaan linear dua variabel dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama).
  1. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
  2. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
  3. Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)

Elaborasi :
  1. Siswa membaca, mendiskusikan dan  menuliskan hasil penyelesaian  tugas (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
  2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
  4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
  5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
  6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Konfirmasi :
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat terhadap keberhasilan siswa (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2.      Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
3.      Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
4.      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).


Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan
Ke
Tujuan Pembelajaran
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.


Siswa dapat :










1.  Menentukan penyelesaian sistem pertidak-samaan linear.
Program
Linear









-  Himpunan penyelesaian pertidksamaan linear
Kegiatan Pendahuluan
1.  Sebagai motivasi, diberikan cerita tentang penggunaan program linear dalam pemecahan masalah sehari-hari.
     Misal : Penghasilan maksimum tempat parkir, biaya minimum yang dikeluarkan petani untuk membeli pupuk, dsb.
2.  Sebagai apersepsi, siswa diingatkan kembali mengenai persamaan linear yang telah dipelajari di SMP.
Kegiatan Inti
3.  Dengan diskusi dan mencermati contoh soal, siswa memahami himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear.
4.  Siswa mengerjakan soal latihan kompetensi 1 hal. 61 – 62 Platinum.
Kegiatan Penutup
5.  Siswa diarahkan membuat rangkuman.
6.  Siswa diberi tugas.
2 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar