Kurikulum 2013 sudah diimplementasikan pada tahun
pelajaran 2013/2014 pada sekolah-sekolah tertentu (terbatas). Kurikulum 2013
diluncurkan secara resmi pada tanggal 15 Juli 2013. Sesuatu yang baru tentu
mempunyai perbedaan dengan yang lama. Begitu pula kurikulum 2013 mempunyai
perbedaan dengan KTSP. Berikut ini adalah perbedaan kurikulum 2013 dan KTSP
| 
No | 
Kurikulum 2013 | 
KTSP | 
| 
1 | 
SKL
   (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui
  Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang
  bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67,
  68, 69, dan 70 Tahun 2013 | 
Standar
  Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah
  itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23
  Tahun 2006 | 
| 
2 | 
Aspek
  kompetensi lulusan ada keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi
  aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan | 
lebih
  menekankan pada aspek pengetahuan | 
| 
3 | 
di jenjang
  SD Tematik Terpadu untuk kelas I-VI | 
di jenjang
  SD Tematik Terpadu untuk kelas I-III | 
| 
4 | 
Jumlah jam
  pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit
  dibanding KTSP | 
Jumlah jam
  pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding
  Kurikulum 2013 | 
| 
5 | 
Proses
  pembelajaran setiap tema di jenjang SD dan semua mata pelajaran di jenjang
  SMP/SMA/SMK dilakukan dengan pendekatan ilmiah (saintific approach), yaitu
  standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah,
  Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta. | 
Standar
  proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi | 
| 
6 | 
TIK
  (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan sebagai mata pelajaran, melainkan
  sebagai media pembelajaran | 
TIK
  sebagai mata pelajaran | 
| 
7 | 
Standar
  penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi
  sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil. | 
Penilaiannya
  lebih dominan pada aspek pengetahuan | 
| 
8 | 
Pramuka
  menjadi ekstrakuler wajib | 
Pramuka
  bukan ekstrakurikuler wajib | 
| 
9 | 
Pemintan
  (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA | 
Penjurusan
  mulai kelas XI | 
| 
10 | 
BK lebih
  menekankan mengembangkan potensi siswa | 
BK lebih
  pada menyelesaikan masalah siswa | 
Itulah beberpa perbedaan Kurikulum 2013 dan KTSP.
Walaupun kelihatannya terdapat perbedaan yang sangat jauh antara Kurikulum 2013
dan KTSP, namun sebenarnya terdapat kesamaan ESENSI Kurikulum 2013 dan KTSP.
Misal pendekatan ilmiah (Saintific Approach) yang pada hakekatnya adalah
pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa mencari pengetahuan bukan menerima
pengetahuan. Pendekatan ini mempunyai esensi yang sama dengan Pendekatan
Keterampilan Proses (PKP).  Masalah pendekatan sebenarnya bukan masalah
kurikulum, tetapi masalah implementasi yang tidak jalan di kelas. Bisa jadi
pendekatan ilmiah yang diperkenalkan di Kurikulum 2013 akan bernasib sama
dengan pendekatan-pendekatan kurikulum terdahulu bila guru tidak paham dan
tidak bisa menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar