Sabtu, 14 Januari 2012

Guru dan Metode pembelajaran


PERANAN GURU
1. Mengkomunikasikan pengetahuan
Guru harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bahan yang diajarkannya.

2. Guru sebagai Modul
Guru= yang digugu dan ditiru.
Guru harus menunjukkan sikap positf. Dalam hal ini dapat melihat keindahan dan manfaat mata pelajaran yang diajarkannya serta menunjukkankeberanian untuk berpikir intuitif.

3.Guru menjadi model sebagai Pribadi
Guru harus disiplin, cermat berpikir, mencintai mata pelajaran, tidak mematikan idealisme, serta tidak picik dalam pandangannya.

KESIMPULAN
Guru dapat berperan sebagai Komunikator, Model dan Tokoh Identifikasi. Antara guru dan alat-alat instruksional tidak terdapat pertentangan. Mutu pendidikan tidak sendirinya akan meningkat dengan dibelinya alat-alat instruksional yang mutakhir dan mahal. Alat-alat hanya akan bermanfaat dalam tangan guru yang terampil dan bijaksana.

Sumber;
Nasution.S.2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar


(Seorang GURU)  dalam praktik mengajar   harus mempunyai rasa kasih sayang terhadap murid-muridnya dan cinta pada pelajaran yang ia berikan. Perasaan tidak senang  terhadap apa yang diberikan kepada murid sudah pasti akan membawa rasa tidak senang pula pada anak yang bersangkutan. (H. M. Arifin, M.Ed.)
Metode Pembelajaran baru dapat berfungsi dengan baik, bilamana GURU mampu menguasai metode yang dipilih secara tepat dalam pengetrapannya.(H. M. Arifin, M.Ed.)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar