Abstrak.
Untuk mengakomodir pendekatan scientifics yang memuat 5M (mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasi dalam pembelajaran
matematika, seorang guru dituntut untuk
menggunakan media pembelajaran. Media yang digunakan dalam makalah ini adalah
file ggb dari grafik Sistim Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan
geogebra. Media digunakan bersamaan dengan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang
disusun berdasarkan metode penemuan terbimbing. Penerapannya dalam pembelajaran
matematika dimulai dari penyampaian file ggb dan LAS kepada siswa secara
individu sebelum pembelajaran tatap muka di kelas melalui forum schoology. Ini dimaksudkan agar siswa
belajar mandiri terlebih dahulu, agar pembelajaran di kelas menjadi efektif dan
efisien. Pembelajaran di kelas dimulai dengan membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 orang untuk
menyelesaikan masalah 1 pada LAS sebagai tahapan mengamati dan menanya.
Selanjutnya siswa menyelesaikan masalah 2 (eksplorasi), masalah 3 (assosiasi),
kemudian pada aktivitas 3, siswa melakukan tahapan mengomunikasi. Setelah itu
siswa mengerjakan soal sebagai ajang pemantapan konsep secara individu. Dan
terakhir melakukan refleksi, dengan menuliskan pada forum refleksi schoology. Pembelajaran matematika menggunakan file ggb dan LAS SPLDV
SMA dapat melatih sikap mandiri, sebagai sarana pendukung untuk memotivasi
siswa serta dapat mengaktifkan siswa dalam proses 5M. Untuk itu disarankan bagi
guru matematika untuk menggunakan media tersebut sebagai variasi pembelajaran
yang terintegrasi dengan TIK.
Kata Kunci.
Eksplorasi, Geogebra, SPLDV.
Baca selengkapnya di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar